Saturday 19 November 2016

KUE PUTU AYU

Bahan :
- 250 gr tepung terigu
- 4 butir telur
- 225 gr gula pasir
- 1 sdt ovalet
- 200 ml santan kental
- kelapa parut
- garam
- 1 lbr daun pandan
- pewarna makanan (hijau)
Cara membuat :
1. Rebus santan beserta daun pandan dan sedikit garam. Saat merebus usahakan santan terus diaduk agar tidak pecah. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan.
2. Kukus kelapa parut yang tidak terlalu tua yang sudah diaduk dengan sedikit garam.Kukus kelapa parut selama 10 menit dalam panci yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Setelah matang, biarkan uap panas menghilang. Sisihkan.
3. Masukkan telur, gula pasir, dan ovalet lalu kocok dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna pucat. Setelah mengembang tambahkan santan yang telah dingin dan tepung terigu secara bertahap, lalu aduk dengan spatula hingga rata. Selanjutnya tambahkan pewarna makanan. Aduk kembali hingga rata.
4. siapkan cetakan putu ayu dan olesi dengan minyak. Lalu masukkan kelapa parut di bagian dasar cetakan dan tekan-tekan agar padat. Kemudian masukkan adonan di atasnya. Lakukan hingga adonan habis.
5. Masukkan cetakan kedalam kukusan yang sudah dipanaskan, dan kukus selama 25-20 menit. Jangan lupa memberikan alas pada tutupnya dengan kain/serbet agar uap panas tidak menetes ke adonan.
6. Setelah matang angkat dan dinginkan. Setelah dingin, putu ayu baru bisa dilepas dari cetakkanya dengan cara membalik cetakannya.
7. Putu ayu siap dihidangkan.
Selamat mencoba...

No comments:

Komentar Facebook