Wednesday 23 November 2016

MINI PIE COKELAT KACANG

Bahan kulit pie :
- 100 gr kacang tanah yang sudah dikupas
- 80 gr tepung terigu
- 30 gr gula halus
- 1/4 sdt baking powder
- 75 gr margarin
- 1 kuning telur
- 1 sdm air es
Bahan isi  :
- 100 cc susu cair
- 2 sdm selai kacang
- 100 gr dark chocolate
Cara membuat :
1. Haluskan kacang tanah dengan ditumbuk atau menggunakan food processor, namun jangan terlalu halus hingga menjadi seperti selai.
2. Masukkan kacang tanah yang sudah halus ke dalam wadah. Tambahkan dengan tepung terigu, gula halus, dan baking powder. Aduk hingga tercampur rata.
3. Setelah tercampur rata masukkan margarin. Kemudian aduk dengan tangan dengan gerakan sedang mencuci tangan, dan jangan terlalu lama. Karena jika terlalu lama mengaduk, kulit pie tidak akan menjadi renyah. Tambahkan 1 kuning telur dan 1 sdm air es.Selanjutnya aduk adonan dengan cara meremas tidak terlalu lama, hanya cukup hingga tercampur.
4. Siapkan tempat menggilas adonan dengan menaburinya dengan sedikit tepung, agar adonan tidak lenggket.
5. Taruh adonan diatas tempat penggilasan,kemidian taburi pula atasnya dengan sedikit tepung, lalu gilas. Taruh cetakan mini pie untuk mengikur kulit pie.Potong kulit pie dengan ukuran lebih lebar dari cetakan.kemudian ambil kulit pie lalu masukkan kulit pie dalam cetakan dan tata hingga rapi. Tusuk tusuk bagian bawah agar tidak menggembung saat di oven.
6. Masukkan kulit pie dalam oven bersuhu 180 derajat celcius yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu. panggang hingga matang.
7. Buat adonan isi pie dengan cara memasak susu cair dalam panci, kemudian tambahkan dengan selai kacang. Aduk terus hingga matang. Matikan api kemudian masukkan dark chocolate. Aduk kembali hingga cokelat meleleh dan tercampur rata.
8. Keluarkan kulit pie yang sudah matang dan dinginkan. Masukkan adonan isi kedalamnya hingga penuh dan biarkan mengeras.
Selamat mencoba...

No comments:

Komentar Facebook